Blog
Strategi Marketing Bisnis Kuliner

Strategi Marketing Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang sebuah bisnis yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, dengan jumlah masyarakat yang sebanyak ini ditambah mudahnya akses untuk mendapatkan makanan serta semakin banyaknya pemilik bisnis kuliner sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan menu yang mereka inginkan.

Yuk kita bahas strategi bisnis kuliner untuk membuat usaha kuliner anda semakin terkenal dan mendapat banyak pelanggan

Offline


1. Tentukan tema dari tempat kuliner anda

Percaya atau tidak salah satu strategi bisnis kuliner yang fundamental adalah tema. Kalian pasti pernah makan di tempat yang temanya menarik namun rasa makanannya biasa saja tetapi orang-orang tetap ramai berkunjung ke tempat itu. oleh karena itu pilihlah tema yang unik, atau instagrammable sehingga menarik minat pengunjung.

2. Logo

Buatlah logo dari bisnis kuliner anda yang sesuai dengan target pasar anda. Carilah logo yang unik dan menarik sehingga ketika orang-orang melihat itu akan selalu teringat dibenak konsumen bahwa logo itu adalah brand milik anda

3. Gunakan Key Opinion Leader

Menggunakan Key Opinion Leader ini merupakan strategi bisnis kuliner yang penting untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Mengapa? Biasanya review dari seorang Key Opinion Leader selalu jujur terhadap suatu makanan, sehingga ini efektif untuk mengajak konsumen untuk datang mencicipi makanan di tempat kuliner anda.

4. Gunakan Influencer

Influencer ini identic dengan orang yang memiliki banyak followers di sosial media. Cobalah buat sebuah promo yang menarik. Sebagai contoh strategi bisnis makanan, cobalah membuat promo diskon lalu kolaborasi dengan influencer untuk mengumumkan kepada followers mereka jika di toko anda sedang mengadakan promo. Ini akan membuat followers dari influencer tersebut mengetahui pesan yang anda sampaikan dan mempertimbangkan untuk mencoba makanan di restaurant anda.

5. Gunakan strategi kata kunci untuk berjualan makanan secara online

Untuk mendapatkan banyak konsumen, sekarang anda bisa mencoba berjualan secara online. Sebagai nama restaurant, cobalah gunakan nama hero product yang anda miliki., contohnya, misalkan nama toko anda “Saung Bu Yati” namun memiliki menu unggulan ayam geprek. Maka anda bisa memasukan nama toko online anda Ayam Geprek Saung Bu Yati.

Mengapa demikian? Karena jika seseorang ingin mencari makanan, maka yang dia masukan adalah nama makanannya bukan nama restaurantnya, sehingga peluang toko anda dilirik konsumen semakin besar. Bisa jadi setelah mereka mengunjungi toko anda, mereka juga tertarik membeli menu lain yang tersedia di toko anda.

6. Gunakan foto yang menarik

Salah satu strategi bisnis kuliner yang harus dilakukan adalah menyediakan foto makanan yang menarik. Hal ini perlu dilakukan untuk menggugah selera para konsumen anda.

7. Gunakan strategi promo

Hampir semua pembeli pasti menyukai diskon, cobalah buat diskon baik di toko online maupun toko offline untuk menarik minat dari konsumen untuk mencoba produk anda.

8. Gunakan layanan cyber security

Terakhir, salah satu strategi bisnis kuliner yang sering dilupakan adalah menggunakan layanan cyber security terbaik seperti secure365 dari SecureTasks. Jangan selalu berpikir anda tak memiliki kompetitor.

Kompetitor anda bisa melakukan apapun untuk menjatuhkan bisnis anda, mulai dari merusak reputasi toko online anda maupun mencuri data penting terkait strategi dagang pada laptop anda.

Jika anda menggunakan layanan Secure365, maka perangkat anda akan terlindungi setiap hari selama 24 jam. Selain itu anda juga bisa merasakan sensasi memiliki tim cyber security layaknya di perusahaan-perusahaan besar karena kami menyediakan tim untuk berkomunikasi dengan and ajika terjadi serangan cyber yang membahayakan. Untuk berlangganan, kunjungi securetasks.com sekarang juga.