Blog
Firewall: Menjaga Keamanan Data Bisnis Anda

Firewall: Menjaga Keamanan Data Bisnis Anda

Meskipun internet menawarkan berbagai keuntungan yang dapat mempermudah kehidupan manusia, namun juga dapat menimbulkan resiko yang berdampak negatif bagi penggunanya.

Salah satunya berkaitan dengan keamanan, dan berbagai informasi pribadi yang dapat dengan mudah diakses oleh orang lain. Maka tidak heran jika pengguna internet memerlukan sistem proteksi yang mampu melindungi komputer dan perangkat yang digunakan untuk mengakses internet dari berbagai macam ancaman. Sistem proteksi ini dikenal sebagai firewall. Saat membahas teknologi dan internet, kita sering menjumpai istilah “firewall”. Namun demikian, apa sebenarnya fungsi firewall?

Fungsi Firewall

1. Perlindungan dari serangan virus atau pihak tidak bertanggung jawab

Fungsi yang satu ini sudah umum diketahui, dan tujuannya adalah untuk melindungi dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi melalui internet, seperti serangan virus dan pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini, serangan yang terjadi termasuk penyalahgunaan informasi, peretasan oleh hacker, dan pencurian data.

Baca juga: Indihome Diserang Hacker, Data 26 Juta Pelanggan Bocor

2. Melindungi dari kebocoran data

Selain melindungi perangkat, firewall juga dapat melindungi data yang tersimpan di cloud. Firewall akan mencegah kebocoran data Anda, baik data pribadi maupun dokumen penting perusahaan. Firewall juga mampu mencegah pengguna mengirimkan data yang penting atau dianggap rahasia kepada pihak lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Memblokir konten yang tidak diinginkan

Firewall mampu memblokir konten internet selain melindungi jaringan dan data Anda. Saat Anda menggunakan Internet untuk menjelajah dan aktivitas lainnya, firewall akan memblokir konten yang tidak pantas. Anda dapat mengkonfigurasi firewall untuk memblokir konten atau situs web tertentu dengan mengatur alamat URL yang tidak Anda inginkan.

4. Melakukan monitor terhadap bandwidth

Firewall juga berfungsi untuk memantau bandwidth yang Anda gunakan saat terhubung ke internet melalui perangkat Anda. Selain pemantauan, firewall membatasi bandwidth yang Anda gunakan saat mengakses konten berbasis Internet. Selain itu, Anda memiliki opsi untuk memprioritaskan batasan bandwidth internet.

Pentingnya firewall untuk keamanan bisnis Anda

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan firewall sangatlah penting, terutama bagi pemilik bisnis yang memanfaatkan layanan internet. Mengapa demikian? Karena firewall adalah bagian dari cyber protection atau keamanan siber, yang berfungsi melindungi sistem, perangkat, dan jaringan komputer. Tanpa firewall sebagai cyber protection, siapa pun yang memiliki akses internet dapat mengakses data sensitif dan bersifat penting.

Jika sebuah bisnis tidak melindungi sistem komputer, perangkat, dan jaringannya dengan firewall, data dapat diakses dan dieksploitasi secara tidak bertanggung jawab oleh pihak ketiga. Bahkan, serangan semacam itu tidak hanya terjadi dalam skala bisnis, tetapi juga dalam skala nasional.

Selain itu, penggunaan firewall memungkinkan Anda mengelola file yang bukan merupakan aset perusahaan. Firewall juga akan memberikan informasi mengenai transfer data untuk memastikan bahwa data yang ditransfer akurat, serta informasi lainnya secara detail untuk mencegah hilangnya data bisnis.

Baca juga: Mengapa Setiap Bisnis Membutuhkan Layanan Keamanan Siber Terbaik?

Setelah membaca artikel ini, Anda sebagai pemilik bisnis pasti akan mempertimbangkan penggunaan firewall untuk melindungi perusahaan Anda, bukan? Pilih layanan yang benar-benar menjamin perlindungan sehingga Anda tidak beresiko kehilangan data penting.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa menjaga keamanan data bisnis dengan menggunakan layanan Secure365. Layanan ini akan melakukan karantina pada malware yang masuk tersebut oleh Auto Containment kami, sehingga peretas tidak akan mampu menyerang perangkat Anda. Kunjungi securetasks.co.id untuk berlangganan atau mendapatkan FREE trial selama 1 bulan!