Blog
Jangan Malas Update Software, Ini Alasannya!

Jangan Malas Update Software, Ini Alasannya!

Apakah Anda pernah mengalami sedang fokus bekerja dengan, lalu tiba-tiba muncul notifikasi “a software update is available”?

Beberapa orang yang menerima notifikasi ini seringkali menjadi kesal. Banyak yang merasa bahwa perangkat seluler atau komputer mereka dapat berfungsi dengan baik, oleh karena itu mereka lebih suka menunda penginstalan update software regular. Tidak jarang pula, banyak pengguna yang memilih “remind me later” karena menganggap proses pembaruan yang lama dapat menghambat produktivitas mereka.

Anda harus mengetahui bahwa pembaruan software, juga dikenal sebagai patch software, adalah download software gratis untuk aplikasi, sistem operasi atau software suite yang meningkatkan fungsionalitas aplikasi atau sistem operasi dengan memperbaiki atau menambah kemampuan.

Hati-hati, malas update software bisa berakibat buruk bagi perangkat Anda. Simak alasan mengapa Anda perlu untuk melakukan update software berikut!

Alasan Kenapa Harus Rutin Update Software

Meningkatkan keamanan perangkat

Melakukan update versi terbaru dari sebuah software adalah cara paling sederhana untuk menjaga keamanan perangkat Anda. Komputer atau seluler Anda akan terlindungi dari semua bahaya yang ditimbulkan oleh malware dan virus lainnya karena fakta bahwa setiap update berisikan pembaharuan yang akan memperbaiki kekurangan software di versi sebelumnya. Khususnya bagi bisnis, update software dapat mencegah peretas mendapatkan akses ke data sensitif di perangkat Anda.

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Cyber Security dalam Melindungi Masa Depan

Menikmati fitur terbaru

Menggunakan software versi terbaru berarti Anda dapat memanfaatkan semua fitur dan kemampuannya yang terbaru. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan update, karena kehadiran sejumlah fitur tersebut dapat meningkatkan pengalaman bekerja yang lebih cepat dan efisien. Tentunya hal ini memenuhi kebutuhan para pebisnis maupun pekerja profesional yang dituntut untuk bekerja cepat atau memenuhi deadline yang ketat.

Meningkatkan kecepatan

Selain dapat menikmati fitur terbaru, fitur yang telah usang akan dihilangkan. Semua pembaruan ini akan mempercepat kinerja perangkat. Selain itu, melakukan update software secara berkala memastikan bahwa sistem dapat menyelesaikan segala urusan pekerjaan kantor sebagaimana mestinya. Ini karena pembaruan dapat memperbaiki bug yang menghambat produktivitas pengguna di semua aktivitas.

Mempercantik tampilan sistem interface

Update software memberikan perbaikan tampilan antarmuka pengguna sistem. Selain menjadi lebih unggul, peningkatan tersebut mengutamakan pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan sistem. Sehingga, Anda dapat menavigasi telepon Anda dengan cepat dan mudah.

Setiap pengguna perangkat seluler harus mengetahui pentingnya pembaruan perangkat lunak. Karena banyaknya manfaat yang Anda terima, tentunya akan meningkatkan produktivitas Anda, terutama di era digital ini.

Maka dari itu, seiring dengan produsen software dan hardware merilis pembaruan untuk perbaikan bug yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan produk bagi pelanggan. Biasanya mereka juga menyertakan security patches yang membantu melindungi bisnis Anda dari serangan siber. Dengan berbagai bentuk ancaman yang terus berkembang, dan banyak pakar yang mengeluarkan peringatan tentang tren cyber security yang meningkat, oleh karena itu menggunakan teknologi usang sangat berisiko.

Baca juga: Masalah Kebocoran Data Tak Kunjung Sembuh di Indonesia, Mengapa?

Keamanan siber adalah strategi perusahaan untuk menjamin keamanan asetnya, termasuk semua lalu lintas yang berlangsung pada jaringan. Hal ini mencakup teknologi software dan hardware. Maka dari itu, perlu untuk mengelola akses ke jaringan dengan keamanan siber yang memadai, yang dapat menargetkan banyak ancaman dan kemudian menahannya agar tidak menyebar atau memasuki jaringan.

Xicitium menawarkan teknologi yang terus update untuk mengatasi berbagai jenis ancaman dengan sistem yang terintegrasi secara mulus dengan produk EDR dan MDR dari SecureTasks Indonesia untuk menyediakan virtualisasi tanpa pelanggaran pada endpoint sambil melakukan pemantauan ancaman berkelanjutan secara real time dan proaktif. SecureTasks Indonesia menyediakan aplikasi perlindungan terbaik dari ransomware & serangan siber keamanan siber untuk UKM dan Startup. Kunjungi website securetasks.co.id untuk mendapatkan percobaan gratis selama 1 bulan, sekarang juga!