Blog
Serangan Doxing Mengintai, Hati-Hati Terhadap Data Pribadi Anda

Serangan Doxing Mengintai, Hati-Hati Terhadap Data Pribadi Anda

Serangan doxing belakangan ini marak sekali terjadi di masyarakat. Doxing merupakan praktik mempublikasikan data pribadi seseorang seperti KTP, SIM dan sebagainya dengan tujuan untuk mengintimidasi atau mempermalukan seseorang.

Kejahatan siber seperti doxing bukan hanya mempermalukan seseorang namun efek lainnya juga bisa saja data pribadi seseorang yang dipublikasikan tersebut digunkana untuk melakukan penipuan atau meminjam uang di pinjaman online sehingga merugikan seseorang.

Doxing ini sebenarnya dapat kita cegah dari diri kita sendiri. Cara paling mudah dengan berhenti mengekspresikan diri secara berlebihan di social media. Terkadang mengekspresikan diri yang berlebihan justru berubah menjadi blunder. Hal yang banyak terjadi, jika seseorang baru pertama kali membuat passport untuk keluar negeri, maka dia tidak akan segan-segan untuk mengupload paspor mereka di social media. Nah ini berpotensi menjadi jalan masuk bagi serangan siber seperti doxing.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan siber seperti doxing, antara lain:

1. Batasi informasi yang kalian sebarkan di social media

Jangan sampai semua informasi penting tentang kalian dicantumkan secara lengkap pada akun social media kalian mulai dari nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon hingga data-data pribadi lainnya.

2. Hati-hati terhadap email yang tidak dikenal yang meminta data pribadi anda seperti KTP, SIM dan lain sebagainya.

Anda bisa mencegah ini dengan menggunakan layanan Secure365 dari SecureTasks. Jika email tersebut mengandung malware maka akan dikarantina pada penjara virtual dan mengirimkan pemberitahuan kepada anda. Anda bisa mengunjungi securetasks.co.id untuk berlangganan.

3. Gunakan 2 factor authentication

Ini wajib anda lakukan agar ketika ada yang mencoba meretas social media anda, maka dia tidak akan bisa langsung mengambil alih akun social media anda sehingga tidak akan bisa menyebarkan data-data pribadi anda

Demikian beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan agar tidak menjadi korban serangan doxing. Hindari juga melakukan pinjaman online yang mengharuskan anda berfoto menggunakan KTP anda, sebab itu awal mula kejahatan doxing bisa terjadi.