Blog
Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Mengganti Kata Sandi secara Teratur

Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Mengganti Kata Sandi secara Teratur

Di era seperti sekarang ini tentunya anda sudah sangat familiar dengan smartphone maupun laptop. Smartphone maupun laptop yang anda gunakan tentunya dapat menyimpan dan menyediakan berbagai akses ke banyak data informasi sensitif maupun data-data penting. Pada smartphone maupun laptop anda, tentunya juga memiliki kemampuan untuk menyimpan password semua akun sosial media anda, oleh sebab itu salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk mencegah peretas mengambil alih akun anda adalah dengan rutin mengganti kata sandi secara teratur.

Ternyata 80% dari serangan siber yang terjadi diakibatkan oleh lemahnya kata sandi yang anda gunakan. Tentunya alasan anda menggunakan kata sandi yang lemah agar mudah diingat, namun ternyata itu dapat menjadi sebuah blunder fatal yang memudahkan peretas mengambil alih semua akun sosial media anda.

Berikut ini beberapa alasan mengapa anda harus rutin mengganti kata sandi secara teratur:

1. Menjaga akun dan keamanan informasi

Kata sandi itu pada dasarnya berfungsi menjaga informasi dan data penting pada sebuah akun. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan kata sandi yang lemah sehingga berpotensi mudah untuk diretas. Dengan rutin mengganti kata sandi, akan meminimalisir resiko diretasnya sosial media anda oleh para peretas.

2. Anda dapat mencegah peretas untuk mengakses sosial media anda secara konstan

Peretas biasanya akan masuk ke akun anda lebih dari sekali bahkan mungkin mereka akan masuk ke akun anda secara rutin. Jika anda rutin mengganti kata sandi sosial media anda, maka anda akan mampu mencegah peretas mengakses sosial media anda secara konstan.

3. Mencegah penggunaan kata sandi yang tersimpan di dalam perangkat

Biasanya anda selalu menyimpan kata sandi anda secara otomatis pada perangkan anda bukan? Jika anda mengalami kehilangan laptop atau smartphone tentu akan berbahaya. Namun jika anda rutin mengganti kata sandi sosial media anda, maka peretas akan kesulitan mengakses sosial media anda.

Peretas juga biasanya memanfaatkan kelengahan anda dengan mengirimkan link berbahaya yang ketika anda klik ternyata mengandung Malware sehingga mampu mencuri informasi penting yang terdapat dalam perangkat anda baik berupa smartphone maupun laptop.

Selain rutin mengganti kata sandi, menggunakan layanan Secure365 juga merupakan suatu keharusan pada saat ini, karena ancaman peretas bisa datang dari mana saja. Dengan menggunakan teknologi auto containment, file berbahaya akan dimasukan pada penjara virtual sehingga tidak akan mampu menyerang perangkat anda untuk mencuri informasi penting yang ada.