Blog
5 Jenis Malware yang Bisa Menyerang Keamanan Data Anda!

5 Jenis Malware yang Bisa Menyerang Keamanan Data Anda!

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia IT tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah malware. Malware adalah singkatan dari “malicious software”, dimana merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, sehingga malware ini menjadi salah satu penyebab umum dari pelanggaran data.

Komputer yang terinfeksi malware biasanya akan memunculkan gejala seperti kinerja komputer yang menjadi lebih lambat, mengirim email tanpa adanya tindakan dari pengguna, mem-boot ulang secara acak, atau memulai proses yang tanpa sepengetahuan pemilik. Oleh karena itu, tidak mengherankan lagi jika malware menjadi sesuatu yang sering diperhatikan oleh para pakar IT dan keamanan siber.

Jenis-jenis Malware yang Menyerang Keamanan Data

Keylogger

Malware jenis ini akan mencatat tombol yang ditekan oleh pengguna dan mengirimkan data ke pelaku. Biasanya pengguna tidak menyadari bahwa mereka sedang dipantau. Sebagian besar kasus keylogging digunakan untuk mencuri kata sandi atau data sensitif.

Keylogger sendiri biasanya dapat berupa kabel fisik yang secara diam-diam terhubung ke periferal seperti keyboard, atau dipasang oleh Trojan.

Trojan

Program trojan ini merupakan jenis malware yang menyamar sebagai perangkat lunak yang sah. Biasanya program trojan akan bersembunyi di komputer Anda hingga mereka dibuka. Ketika sudah dibuka, kemungkinan pelaku bisa untuk memata-matai Anda, mencuri data yang sensitif, dan juga memperoleh akses pintu belakang ke sistem Anda.

Biasanya malware jenis ini diunduh melalui lampiran email, unduhan situs web, maupun instant message.

Ransomware / Crypto-Malware

Jenis malware yang ketiga yaitu ransomware. Ransomware adalah jenis malware yang didesain untuk melakukan penguncian pada sistem pengguna atau biasanya juga dapat menolak akses ke data sampai uang tebusan dibayarkan baru akan dibuka kembali sistemnya.

Crypto-Malware merupakan jenis ransomware yang melakukan enkripsi file pengguna dan terdapat pembayaran dalam jangka waktu tertentu. Selain itu juga, seringkali pembayaran dilakukan menggunakan mata uang digital seperti Bitcoin.

Spyware

Jenis yang keempat yaitu spyware, adalah jenis malware yang didesain untuk memperoleh akses dan merusak komputer Anda. Malware jenis ini biasanya mengumpulkan informasi pengguna seperti kebiasaan, riwayat penelusuran, bahkan hingga informasi identifikasi pribadi.

Pada banyak kasus pelaku akan menjual data Anda ke perusahaan data, menangkap informasi rekening bank Anda, atau mencuri identitas pribadi Anda. Spyware tanpa sadar diunduh dalam bundel perangkat lunak atau dari situs berbagi file.

Rootkit

Malware jenis rootkit ini sulit untuk dibersihkan dari sistem. Rootkit sendiri merupakan program pintu belakang yang membuat pelaku dapat mempertahankan perintah dan kontrol atas komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Akses ini sangat berpotensi untuk dapat menghasilkan kontrol penuh atas sistem yang ditargetkan.

Pengontrol nantinya akan dapat mencatat file, memata-matai penggunaan pemilik, menjalankan file, dan mengubah konfigurasi sistem dari jarak jauh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jenis ini sulit dibersihkan dari sistem meskipun terdapat perangkat lunak antivirus yang dapat mendeteksinya. Dalam banyaknya kasus yang sudah terjadi, cara terbaik mengatasinya yaitu dengan menghapus rootkit dan membangun kembali sistem.

Excitium Hadir untuk Mendeteksi dan Menghapus Ancaman Malware!

Exicitium menawarkan teknologi tanpa ancaman malware yang terintegrasi secara mulus dengan produk EDR dan MDR dari SecureTasks Indonesia untuk menyediakan virtualisasi tanpa pelanggaran pada endpoint sambil melakukan pemantauan ancaman berkelanjutan secara real time dan proaktif. Kunjungi website SecureTasks.co.id untuk mendapatkan percobaan gratis selama 1 bulan, sekarang juga!