Blog
5 Strategi Bisnis Pariwisata Yang Tepat Untuk Melakukan Branding Perusahaan

5 Strategi Bisnis Pariwisata Yang Tepat Untuk Melakukan Branding Perusahaan

Industri pariwisata merupakan salah satu ujung tombak bagi beberapa wilayah di Indonesia, misalnya di Bali, Labuan Bajo dan kota-kota lainnya. Saat pandemi covid-19, banyak sekali industry pariwisata yang gugur akibat turunnya jumlah wisatawan baik local maupun mancanegara ke suatu kota sehingga berdampak buruk bagi perekonomian suatu kota.

Saat ini sudah memasuki era new normal, dimana berpergian sudah diperbolehkan dan industri pariwisata sudah mulai bergejolak kembali menyambut para wisatawan mancanegara maupun lokal.

Ini merupakan saat yang tepat untuk menerapkan strategi bisnis pariwisata demi mempromosikan tempat-tempat liburan hingga paket wisata kepada calon konsumen untuk kembali menikmati keindahan alam di Indonesia.
Bagi beberapa perusahaan baru, diperlukan membangun brand awareness agar masyarakat mengenali perusahaan anda dan percaya kepada perusahaan anda serta mengetahui produk-produk apa saja yang ditawarkan. Perlu ditemukan strategi bisnis pariwisata yang tepat guna meningkatkan reputasi brand, produktivitas bisnis perusahaan serta pendapatan bisnis bagi perusahaan.

Bagaimana cara yang benar dan tepat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam mengembangkan brand awareness guna meningkatkan pendapatan bagi perusahaan? Segera lakukan 5 strategi bisnis pariwisata ini untuk meningkatkan branding perusahaan:

1. Memprioritaskan Personalisasi

Tentunya dalam berbisnis pariwisata, perusahaan membutuhkan pelanggan yang tepat sebagai sasaran dari promosi yang anda ciptakan.

Pelanggan tentu akan merasa sangat puas jika diperlakukan sangat istimewa oleh anda sebagai pemilik perusahaan. Pastikan juga jika brand perusahaan anda menjawab semua kebutuhan konsumen agar mereka benar-benar terpuaskan oleh produk yang perusahaan anda tawarkan dan berikan layanan yang terbaik.

2. Jamin Kualitas Layanan Anda

Bagi wisatawan hal terpenting yang membuat mereka puas adalah kualitas layanan anda kepada mereka. Ini salah satu strategi bisnis pariwisata yang paling penting, karena jika wisatawan puas maka mereka akan membagikan pengalaman menyenangkan menggunakan brand perusahaan anda kepada orang lain tapi jika mereka tidak puas justru akan sebaliknya

3. Berkolaborasi Dengan Agen Perjalanan

Strategi bisnis pariwisata yang jangan sampai terlewat adalah berkolaborasi dengan agen perjalanan wisata, sebab mereka memiliki banyak data base konsumen dan mereka juga memiliki tim marketing yang memasarkan brand mereka sendiri.

Dengan berkolaborasi satu sama lain maka akan meningkatkan pendapatan bagi kedua perusahaan serta harus dipahami juga bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang saling berkolaborasi bukan yang saling menjatuhkan agar semua kebutuhan wisatawan dapat terpenuhi secara sempurna

4. Bekerjasama Dengan Influencer  

Bekerjasama dengan influencer merupakan strategi bisnis pariwisata yang harus dilakukan. Seperti yang kita ketahui, banyaknya jumlah followers mereka tentu bisa dimanfaatkan pemilik bisnis pariwisata untuk meningkatkan brand awareness dan memperkenalkan produk apa saja yang perusahaan anda tawarkan kepada wisatawan.

Gunakan juga strategi bisnis harga promo agar wisatawan tertarik mencoba produk yang anda tawarkan sehingga akan meningkatkan brand awareness perusahaan anda.

5. Gunakan Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi bisnis pariwisata yang paling tepat sasaran karena target dari mulai gender, usia, kota dan lain sebagainya bisa kita atur sendiri sesuai segmen market brand kita. Selain itu biaya yang digunakan juga relative terjangkau namun mampu menjangkau ratusan ribu wisatawan diseluruh dunia.

Namun konsumen juga harus berhati-hati, karena banyak sekali hacker yang memanfaatkan digital marketing untuk menipu dan menyebarkan malware untuk kepentingan pribadi. Selalu gunakan layanan Secure365 dari SecureTasks untuk memproteksi perangkat anda 24 jam setiap hari.

SecureTasks merupakan cyber security terbaik atau anti virus terbaik saat ini yang efektif untuk mencegah berbagai macam serangan malware yang berbahaya. Kunjungi securetasks.com untuk berlangganan atau coba gratis selama 1 bulan