Blog
Adware Berbahaya? Ini Cara Mengatasinya!

Adware Berbahaya? Ini Cara Mengatasinya!

Kini semakin banyak jenis kejahatan di dunia maya, yang tentu saja hal tersebut menimbulkan ancaman yang semakin besar terhadap keamanan perangkat dan data Anda. Adware adalah salah satu bentuk cybercrime yang harus diwaspadai.

Pernahkah Anda menemukan istilah adware sebelumnya? Mungkin kebanyakan orang sering menjumpainya tetapi tidak menyadari bahwa itu adalah Adware. Adware adalah jenis virus komputer yang harus dihindari selama penginstalan aplikasi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini, ada banyak aplikasi ilegal yang tersebar di internet.

Baca juga: 5 Jenis Malware yang Bisa Menyerang Keamanan Data Anda!

Adware Adalah

Advertising-supported malware atau adware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang menyerang perangkat Anda dengan terus menampilkan beberapa iklan pop-up. Selain mengganggu aktivitas  browsing dan memperlambat perangkat Anda, malware jenis ini juga dapat meretas perangkat.

Malware kemudian akan dapat mengumpulkan beragam informasi pribadi dan merekam semua jejak aktivitas online. Selain itu, adware saat ini tidak hanya untuk menyebarkan iklan, lebih dari itu kini sering digunakan untuk menghasilkan pendapatan, yaitu lewat metode PPC (pay per click) dan impresi display iklan.

Cara Mengatasi Adware

Memeriksa keberadaan adware di browser Anda sebenarnya adalah suatu langkah utama yang harus Anda lakukan. Pertama, Anda perlu membuka browser, baik yang sering, jarang, atau tidak pernah digunakan. Kemudian, perhatikan pada bagian extension dan add-ons yang menurut Anda mencurigakan.

Namun, tidak ada alasan untuk khawatir! Anda dapat mengatasi adware dengan beberapa cara, antara lain sebagai berikut:

Hapus program melalui sistem

Cara pertama adalah menghapus program melalui sistem. Terkadang adware tidak dapat dihapus menggunakan metode standar, Anda harus terlebih dahulu mengakses pengaturan sistem. Langkah-langkahnya yaitu dengan masuk ke control panel dan mencari program yang Anda curigai.

Jika sudah, Anda hanya perlu menghapusnya dengan cara remove program tersebut. Setelah itu, kami menyarankan Anda harus me-restart terlebih dahulu komputer agar kinerjanya kembali normal.

Baca juga: Masalah Kebocoran Data Tak Kunjung Sembuh di Indonesia, Mengapa?

Mereset browser

Cara kedua yang tersedia untuk Anda adalah melakukan reset pada browser. Perlu dipahami bahwa langkah-langkah reset browser bisa bermacam-macam. Namun, perbedaan ini relatif kecil, jadi kami yakin Anda tidak akan kesulitan mengatur ulang browser Anda. Selain itu, cara ini ampuh untuk menghapus keseluruhan riwayat browser Anda.

Hapus manual

Tindakan pencegahan ketiga untuk menghentikan penyebaran adware adalah dengan langsung melakukan penghapusan terhadap browser tersebut. Anda dapat masuk ke program files di hardisk C dan mencari browser yang ingin segera Anda hapus. Jangan lupa bahwa Anda harus me-restart komputer sesudahnya.

Excitium Hadir untuk Mendeteksi dan Menghapus Ancaman Adware!
Exicitium menawarkan teknologi tanpa ancaman malware yang terintegrasi secara mulus dengan produk EDR dan MDR dari SecureTasks Indonesia untuk menyediakan virtualisasi tanpa pelanggaran pada endpoint sambil melakukan pemantauan ancaman berkelanjutan secara real time dan proaktif. Kunjungi website SecureTasks.co.id untuk mendapatkan percobaan gratis selama 1 bulan, sekarang juga!