Blog
5 Hal yang Perlu Anda Tanyakan Sebelum Berinvestasi dalam Solusi Keamanan Siber

5 Hal yang Perlu Anda Tanyakan Sebelum Berinvestasi dalam Solusi Keamanan Siber

Saat ini bisnis sedang beradaptasi dengan  perubahan lanskap digital. Namun, terdapat salah satu masalah yang bisa menghalangi pertumbuhan perusahaan yaitu serangan siber.

Dengan biaya pelanggaran data yang terus meningkat dari tahun ke tahun, mengakibatkan kerugian rata-rata sebesar $4,35 juta pada tahun 2022, tidak mengherankan jika serangan siber menjadi pusat perhatian utama suatu bisnis. Akibatnya, semakin banyak eksekutif yang berjanji untuk meningkatkan investasi dalam keamanan siber dan solusi privasi.

Baca juga: Tren Keamanan Siber Tahun 2023 Menurut Gartner | Pelaku IT Wajib Tahu!

Ini adalah kabar baik bagi perusahaan yang telah beradaptasi dengan mengintegrasikan solusi keamanan IT modern. Tetapi bagaimana jika Anda masih menelaah dan belum mengambil keputusan?

Berikut adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu saat mengevaluasi berbagai solusi keamanan IT:

1. Apa yang Dicegah Produk?

Yang terbaik adalah memahami dengan tepat apa yang Anda dapatkan dari vendor potensial saat mengevaluasinya. Pertahankan kebutuhan perusahaan Anda dan pertimbangkan pertimbangan berikut saat Anda mengevaluasi pilihan Anda:

  • Apakah solusi keamanan siber menggunakan alat tradisional atau mutakhir?
  • Apakah mereka memberikan perlindungan terhadap malware seperti ransomware atau teknik jahat seperti phishing?
  • Bagaimana dengan menggunakan firewall atau deteksi intrusi? Produk-produk ini idealnya menggunakan kombinasi dari perlindungan ini.

Namun, setiap perusahaan membutuhkan serangkaian solusi yang berbeda. Memahami apa yang Anda butuhkan dan apa yang ingin Anda capai dengan produk Anda adalah langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat keputusan.

2. Apakah produk bekerja di berbagai lingkungan?

Setelah Anda menjawab serangkaian pertanyaan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah memikirkan cara mengintegrasikan produk ke dalam lingkungan digital Anda saat ini. Pada kenyataannya, setiap solusi berperilaku berbeda dalam lingkungan virtual. Selain itu, semua produk keamanan siber hanya kompatibel dengan perangkat tertentu, jadi pastikan pilihan Anda kompatibel dengan perangkat Anda.

Saat menimbang pilihan Anda, carilah produk yang memberikan dukungan untuk lingkungan cloud, lokal, dan ter kontainer.

3. Apakah produk memenuhi persyaratan kepatuhan?

Sebagian perusahaan harus mematuhi berbagai persyaratan kepatuhan. Beberapa, misalnya, mematuhi kontrol utama seperti administrasi akses, tetapi setiap perusahaan itu unik.

Saat memilih vendor, penting untuk mempertimbangkan standar umum karena mereka membantu memperkuat postur jaringan dan merespons ancaman dengan benar dan tepat. Standar ini juga membantu pemulihan dengan mengarahkan perusahaan yang telah disusupi. Kerangka kerja ini harus diterapkan di perusahaan Anda untuk mengembangkan strategi keamanan yang kuat.

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Cyber Security dalam Melindungi Masa Depan

4. Apakah penyedia solusi keamanan siber memberikan dukungan pelanggan yang berkelanjutan?

Mengetahui jenis dukungan yang akan Anda dapatkan dengan produk keamanan siber sangat penting saat memutuskan cara melindungi data Anda. Ini berlaku untuk lebih dari sekadar pelanggaran data, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan dukungan apa yang tersedia selama proses instalasi.

Apakah penyedia bersama Anda di setiap langkah, atau apakah mereka hanya menyediakan layanan pelanggan dalam keadaan darurat? Sejauh mana mereka bersedia turun tangan dan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan? Ini adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan saat mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

5 Apakah produk dapat diskalakan?

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas produk dan apakah dirancang untuk masa kini dan masa depan. Keamanan kuno dapat membuat Anda rentan terhadap pelanggaran data, jadi daripada membandingkan vendor, lihat desain inti produk untuk fitur modern.

Skalabilitas lebih dari sekadar mengikuti teknologi terbaru; ini juga tentang melindungi lingkungan digital Anda dari lanskap serangan siber yang terus berubah. Menemukan penyedia yang melakukan upaya bersama untuk berinovasi, mendukung, dan memperbarui produk dan layanan mereka akan membantu pemeliharaan tumpukan keamanan yang lebih sehat.

Dengan Xcitium, perusahaan Anda akan terlindungi

Menyulap semua pertanyaan ini tanpa melihat langsung, kenyataannya hal ini bisa membuat stres dan rumit jika Anda sedang dalam proses memilih penyedia solusi keamanan siber.

Saat Anda memilih Xcitium, kami bertujuan untuk membuat prosesnya sederhana dan langsung dengan menyediakan demo one-on-one langsung yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Kami memahami bahwa persyaratan jaringan dan perangkat setiap organisasi adalah unik. Itulah mengapa kami bertujuan untuk bertemu dengan Anda di mana pun Anda berada dan berkolaborasi dengan Anda di setiap langkah.

SecureTasks Indonesia menyediakan aplikasi perlindungan terbaik dari ransomware & serangan siber keamanan siber untuk UKM dan Startup. Kunjungi website securetasks.co.id untuk mendapatkan percobaan gratis selama 1 bulan, sekarang juga!